Menyisir Program Kresna Kampung Inggris

  Oleh Rahmad Ariadi

Ada banyak target yang bisa dipatok ketika seseorang belajar bahasa Inggris, sesuai dengan kebutuhan dan durasi waktu yang dimiliki. Target yang bisa digapai seperti: speaking skill, grammar skill, translation, reading, academic writing, TOEFL/IELTS. Terkait itulah maka setiap orang yang belajar bahasa Inggris harus memahami kebutuhannya sendiri sebelum mengambil program kursus, dan bila belum paham kebutuhannya, konsultasi menjadi wajib.

Guna memenuhi kebutuhan setiap pembelajar, kresna-kampunginggris menyediakan beragam program yang bisa menjadi opsi atau pilihan.

 

Tentang TOEFL Kresna

Program ini dirancang dengan durasi 1 bulan dengan cara bisa diambil tiap section atau bagian yang harapannya adalah untuk mengefektifkan fokus pembelajaran peserta sesuai kekurangannya dalam meningkatkan score TOEFL-nya. TOEFL memiliki 3 section yaitu listening/section 1, structure and written expression/section 2 dan reading comprehension/section 3. Di KRESNA ketiga section tidak harus diambil secara bersamaan serta tidak harus diambil kesemuanya, tergantung pada kebutuhan section mana yang harus ditingkatkan pada diri siswa yang bersangkutan, contohnya bila kemampuan listening yang kurang cukup ambil section 1(di kresna-kampunginggris disebut TP1) atau kalau structurenya yang lemah silakan ambil section 2(TP2) dan seterunya. Yang menarik di program ini adalah, setiap section kresna menyediakan 3 kali scoring sehingga bila diambil ketiga-tiganya, setiap pembelajar akan mendapatkan 9 kali scoring selama 1 bulan diluar latihan-latihan harian yang pasti akan dihadapi para siswa tersebut. Scoring dilaksanakan setiap minggu dimulai pada minggu kedua dan diharapkan dengan adanya evaluasi harian dan mingguan itulah target score TOEFL yang ingin dicapai bisa terealisasikan. Namun jangan lupa, program ini akan efektif bila siswa telah memenuhi syarat kelayakan masuk program yang seharusnya dikonsultasikan atau paling tidak sudah diketahui sebelumnya apa syarat agar dapat mengikuti program TOEFL dengan baik.

 

Syarat agar dapat mengikuti program TOEFL dengan baik

Kemampuan grammar adalah prasyarat pokok. Tanpa kemampuan grammar bisa dipastikan semua section dalam TOEFL akan sulit diikuti, karena ketiga secion tersebut tidak akan terlepas dari grammar. Oleh karena itu bila kemampuan grammar dirasa kurang, pilihannya bukan langsung masuk TOEFL tapi masuk program grammar terlebih dahulu(kalau di kresna-kampunginggris HP/Planet English). Selain itu, kebiasaan kita untuk sering mendengarkan percakapan-percakapan atau lagu berbahasa Inggris sudah menjadi persiapan tersendiri guna dapat mengikuti listening section/TP1 dengan lancar. Dan biasakan juga membaca bacaan-bacaan berbahasa Inggris(bacaan akademis) terkait peningkatan vocab kita harus pula dilakukan. Apabila semua hal diatas dilaksanakan sebaik-baiknya, score TOEFL yang tinngi tinggal menunggu waktu.

 

  • Penulis adalah pemilik dan pengelola Kresna

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *